Beberapa Fitur Baru yang Akan Dibawakan WhatsApp

Beberapa Fitur Baru yang Akan Dibawakan WhatsApp

Beberapa Fitur Baru yang Akan Dibawakan WhatsApp – WhatsApp atau aplikasi yang lebih dikenal dengan nama WA merupakan salah satu apilkasi chatting dengan pengguna terbanyak saat ini. Aplikasi ini tidak saja populer di Indonesia tapi juga di dunia serta telah menjadi salah satu aplikasi chatting paling populer saat ini. Fungsinya pun sudah berkembang sangat banyak. Dari awalnya hanya bisa menjadi aplikasi chatting sederhana, sekarang ini mendukung fitur panggilan suara dan panggilan video. Pengiriman beragam jenis file mulai dari file foto, video, hingga file lainnya pun sangat mudah dengan perkembangan serta update yang terus diberikan oleh pengembang aplikasi yang sekarang ini sudah ada di bawah naungan yang sama dengan Facebook ini.

Di bulan Oktober ini, dikabarkan bahwa WA akan kembali membawakan update untuk para penggunanya. Update tersedia baik itu bagi pengguna di sistem operasi Android ataupun juga iOS. Beberapa update menjadi update cukup besar serta menghadirkan banyak fungsi baru yang akan terasa sangat menarik untuk digunakan para penggunanya. Salah satu update tersebut adalah update untuk fitur melakukan panggilan. Awalnya, fitur panggilan ini hanya tersedia untuk dua orang saja tapi belum lama ini WA mengeluarkan update untuk memungkinkan adanya group call atau penggilan dengan jumlah lebih dari dua orang. Ternyata, WA tidak hanya berhenti di situ saja. WA kembali merencanakan update terbarunya untuk semakin meningkatkan fitur yang satu ini. Kali ini, aplikasi ini bisa menggunakan fitur berupa link WhatsApp Call. Fitur ini cukup mirip dengan fitur yang ada pada platform Zoom di mana orang yang memiliki link akan memiliki akses untuk ikut dalam panggilan. Selain itu, ini tidak mencakum panggilan suara saja tapi video call pun bisa dilakukan dengan bantuan dari link tersebut.

Pengaturannya ada pada pada menu utama Call dan di sana nantinya aka nada Create Call Link untuk nantinya bisa di-share atau copy. Fitur ini tentu akan sangat menguntungkan untuk panggilan telepon dengan banyak orang. Link ini akan kadaluarsa usai 90 hari. Untuk menggunakannya, tentu pengguna WA harus bersabar hingga fitur ini siap untuk digunakan di update selanjutnya.

Update lainnya akan diberikan pada pengguna WA yang senang menggunakan serta menanggapi WA Status. Fitur ini dinamakan dengan WA Reactions. Sebenarnya, ini bukan hal yang sepenuhnya baru karena sejak adanya WA Status, orang yang bisa melihat status tersebut bisa langsung memberikan komentar serta emoji dan langsung mengirimkannya di room chat orang tersebut. Hal ini namun ditambahi dengan fitur baru yang akan nantinya tersedia usai update dari WA. Fitur ini tidak terkait reaction atau tanggapan dalam bentuk chat, tapi tanggapan yang diberikan akan berupa emoji. Ada delapan emoji yang bisa digunakan. Bagi pengguna aplikasi Instagram yang juga berada di bawah payung yang sama dengan WA, ini tentu bukan suatu fitur yang benar-benar baru. Instagram memiliki fitur IG Stories dan nantinya itu pun bisa ditanggapi langsung dengan emoji. Dengan kata lain, ini seperti implementasi dari fitur di IG ke dalam WA Status.

Fitur lainnya yang akan ditambahkan ke dalam update adalah fitur untuk mendukung adanya layanan hapus pesan. Belum lama yang lalu, WA memang menambahkan fitur yang memungkinkan seseorang untuk menghapus pesan yang sudah dikirimkan sehingga pesan itu tidak hanya terhapus dari aplikasi pengirim pesan, tapi juga di aplikasi atau room chat penerima pesan tersebut. Dengan kata lain, ini seperti membatalkan pesan yang sudah dikirim dan ini cukup berguna bagi orang yang sering kali salah mengirimkan pesan atau ada typo tertentu dalam prosesnya. Nantinya, WA akan memunculkan fitur tambahan untuk hal itu. Fitur tersebut akan berguna untuk membatalkan pesan yang sudah dihapus. Dengan begitu, pesan yang sudah dihapus akan muncul serta bisa terlihat lagi. Tentunya, fitur ini akan sangat berguna bagi pengguna WA. Hanya saja, fitur ini hanya bisa digunakan untuk pesan yang dihapus dengan opsi “hapus untuk saya” saja sehingga tidak berlaku untuk pesan yang dihapus di pengirim dan penerima pesan.

Adanya WA grup memudahkan akses komunikasi dengan beberapa orang sekaligus. Namun, terkadang ada juga orang yang tidak senang dengan menjadi anggota suatu grup tapi sudah terlanjur dimasukkan. Kalaupun ingin keluar, itu nantinya akan merasa sungkan karena ada notifikasi di room chat kalau seseorang meninggalkan grup. Sebenarnya, WA sudah menggelontorkan fitur untuk menangani hal ini sehingga seseorang bisa keluar grup tanpa diketahui karena tidak ada notifikasi di room chat. Kemudian, WA akan menambahkan update di mana orang sudah keluar tetap bisa dilihat keterangannya. Fitur tersebut akan bisa ditemukan dalam bagian daftar nama anggota grup dan di bawahnya akan terdapat opsi “View past participants”. Dengan menekan menu ini, anggota atau member grup yang sudah keluar pun bisa diketahui. Walau demikian, fitur ini memiliki batas waktu yaitu 60 hari saja. Orang yang sudah keluar lebih dari 60 hari tidak lagi bisa diketahui informasinya.

Fitur terakhir yang akan dihadirkan oleh WA masih terkait dengan pengelolaan grup. Kali ini, WA menyediakan akses bagi admin dari grup untuk bisa menghapus pesan di dalam grup. Sebelumnya, admin hanya bisa menambah dan mengeluarkan anggota saja. Sekarang dengan fitur ini, admin grup bisa lebih mudah mengelola grup yang ada sehingga bila ada pesan yang sekiranya tidak sesuai atau mengganggu di dalam grup, itu bisa dihapus dan prosesnya mirip seperti ketika menghapus pesan pada chat pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *